Wow! Saham Bank RI Terbang dan Ada 15%, saat IHSG Naik 2, 4%

Wow! Saham Bank RI Terbang dan Ada 15%, saat IHSG Naik 2, 4%

Jakarta, CNBC  Indonesia   – Saham-saham bank pada perdagangan pagi ini kembali melesa, yang mendorong indeks sektor keuangan terangkat 4, 22%. Kenaikan ini meneruskan rally panjang saham di zona perbankan selama 6 hari berturut-turut.

Kenaikan memutar pesat diantara saham perbankan luhur pada hari ini terjadi di saham PT Bank Tabungan Negeri Tbk (BBTN) yang terbang 15, 13% ke level harga 875/saham.

Selain tersebut terdapat bank pelat merah lain yang mencatatkan kenaikan yang cepat yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang harga sahamnya naik 8, 14% ke lapisan harga Rp 3. 190/saham.


Saham bank dengan asset terbesar di Indonesia ini juga tercatat sebagai saham dengan paling banyak dibeli bersih langka pagi ini. Investor asing melaksanakan net buy di saham ini sejumlah Rp 321 miliar. Selama seminggu terakhir sendiri saham BBRI sudah diborong asing sebanyak Rp 2, 44 triliun.

Selain itu anggota Himpunan Bank Negara (Himbara) lain   PT Bank Sendiri Tbk (BMRI) mencatatkan kenaikan sebesar 5, 59% ke level nilai Rp 4. 720/saham setelah dibeli bersih investor asing sebanyak Rp 8 miliar.

Kenaikan yang serupa juga terjadi di PT Bank Negeri Indonesia Tbk (BBNI) yang harga sahamnya terapresiasi 3, 66% ke level harga Rp 3. 970/saham. Akan tetapi BBNI menjadi bagian perbankan yang paling banyak dijual asing hari ini sebanyak Rp 63 miliar. Selama seminggu terakhir asing juga terus melakukan pemasaran bersih pada saham BBNI sebanyak Rp 346 miliar.

 

Bagian bank dengan kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) juga terangkat 4, 72% ke harga Rp 27. 175/saham. BBCA juga menjelma salah satu saham yang menyesatkan banyak dibeli asing hari itu dengan total sarang buy sebesar Rp 132 miliar.

Sedangkan bank swasta asing yang mencatatkan kenaikan cukup pesat yaitu PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) yang harga sahamnya melonjak 3, 08% ke lapisan harga Rp 670/saham.

Sebelumnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan kebijakan lanjutan dengan merelaksasi ketentuan di sektor perbankan guna lebih memberikan ruang likuiditas dan permodalan perbankan sehingga stabilitas sektor keuangan tetap terjaga di tengah pelemahan ekonomi sebagai konsekuensi pandemi Covid-19.

Per kebijakan dari OJK tersebut bagian yang menjadi tulang punggung Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) itu terus naik tinggi. Hari ini, IHGS melesat 2, 44% ke level 4. 869, 62.

 

[Gambas:Video CNBC]


TIM RISET CNBC INDONESIA

(trp/hps)

Author Image
Carl Wood