Ugal-ugalan Nih! Banyak yang Lupa Bangun Jarak di CFD dan Bandara

Ugal-ugalan Nih! Banyak yang Lupa Bangun Jarak di CFD dan Bandara

Jakarta, CNBC Indonesia – Juru Bicara Pemerintah Khusus untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengaku melakukan pemantauan di sejumlah titik yang berpotensi menimbulkan keramaian. Hasilnya, banyak klub yang masih bandel tak menerapkan jaga jarak di lokasi car free day (CFD) dan bandara.

“Hari ini ana melakukan pemantauan di beberapa wadah seperti pelaksanaan  CFD. Masih kita lihat beberapa masyarakat lupa kalau physical distancing penting, ” cakap Yuri, sapaan akrabnya, dalam konferensi pers Minggu (21/6/20).

Yuri lantas meminta sejumlah bagian terkait melakukan evaluasi secara bersama-sama. Terutama terkait dengan pelaksanaan CFD di wilayah DKI Jakarta.


“Ini kami mohon maka evaluasi bersama, physycal distancing otoriter harus dilaksanakan, ” tegasnya.

Selain di dalam lokasi CFD, Yuri menyebut, suasana serupa terjadi di sejumlah bandara. Berdasarkan pantauan beberapa penerbangan hari Minggu ini, jaga jarak fisik banyak dilanggar.

“Beberapa bandara yang akan melaksakan penerbangan Minggu ini ke pulau Jawa, kami pantau di Batam & lainnya juga demikian. Kita masih lihat banyak masyarakat belum tertib jaga physycal distancing. ”

“Meski sudah pakai masker tapi physycal distancing perlu. Ini jadi perhatian karena gak kira-kira sepotong-sepotong melakuakn pendekatan pengedalian keburukan, ” serunya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencanangkan hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day diadakan teristimewa mulai Minggu pagi ini.
Diunggah di akun instagram @dishubdkijakarta, Car Free Day berlangsung sebab pukul 6 pagi sampai 10 pagi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin. Namun, Dishub DKI Jakarta memberikan catatan untuk car free day.

“Hanya diperuntukkan untuk pesepeda dan pejalan kaki dengan menerapkan protokol covid-19 yang sudah ditetapkan pemerintah, ” tulis pengumuman itu, Sabtu (20/6/2020).

Selain itu, pemerintah DKI Jakarta serupa akan menyediakan tempat cuci tangan di beberapa titik. Sebelum & sesudah car free day kendati akan dilakukan penyemprotan disinfektan.

Tidak seluruh orang boleh dan dianjurkan untuk kembali olahraga di jalan sundal. Untuk ibu hamil, anak pada bawah umur 9 tahun, lansia di atas 60 tahun, dan orang-orang yang memiliki kondisi medis serius dilarang beraktivitas di car free day.

Pemda juga melarang kegiatan berjualan & massa yang berkumpul selama car free day berlangsung.

Saksikan gambar terkait di bawah ini:

(dob/dob)

Author Image
Carl Wood