Singapura Restui Vaksin Sinovac untuk Vaksinasi Mandiri

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah Singapura pada Rabu (2/6/2021) memutuskan untuk mengizinkan vaksin Covid-19 buatan Sinovac untuk digunakan di negara itu setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyetujui penggunaan penting.

Mengutip Channel News Asia, Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan izin penggunaan vaksin Sinovac akan diberikan untuk program vaksinasi sendiri di bawah Rute Akses Khusus (SAR). Hal ini membuat institusi rumah sakit swasta boleh menggunakannya agar dapat mempercepat proses vaksinasi.

Vaksin Sinovac sendiri sebelumnya telah mendarat di negara itu dalam akhir Februari lalu tetapi belum digunakan karena menunggu persetujuan otoritas kesehatan. Tercatat sebanyak 200 ribu dosis vaksin Sinovac masih beruang dalam alat penyimpanan.


“Kami mempelajari kemungkinan untuk institusi kesehatan swasta buat mengakses stok 200 ribu dosis kami saat ini, dan menyusun rincian makna, proses persetujuan, dan keselamatan pasien yang lebih memastikan untuk diberikan dengan Sinovac-CoronaVac di bawah SAR, ” kata Depkes dalam menyikapi pertanyaan media.

Sebelumnya Singapura sudah menyampaikan izin penggunaan darurat ke vaksin Pfizer dan Moderna. Tingkat kemanjuran kedua vaksin ini mencapai 94-95% melawan Covid-19.

Tengah itu WHO dalam rilisnya menyebut bahwa vaksin Sinovac terbukti ampuh dalam menahan keparahan penyakit yang diakibatkan infeksi Covid-19.

“Hasil kemanjuran vaksin menunjukkan bahwa vaksin mencegah keburukan simtomatik pada 51% sebab mereka yang divaksinasi serta mencegah Covid-19 yang parah pada 100% dari warga yang diteliti, ” logat badan global itu pada sebuah pernyataan.

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)

Author Image
Carl Wood