Ridwan Kamil: 3 Penumpang KRL Bogor-Jakarta Positif Covid-19

Ridwan Kamil: 3 Penumpang KRL Bogor-Jakarta Positif Covid-19

Bandung, CNBC Indonesia – Gubernur Jawa Barat  Muhammad Ridwan Lengkap mengungkapkan sebanyak tiga orang sejak 325 penumpang KRL Bogor-Jakarta nyata Covid-19. Hal itu diungkapkan Ridwan via akun Twitter resminya, Minggu (3/5/2020).

“3 positif Covid-19 dari 325 penumpang KRL Bogor-Jakarta yang kami sampling dengan test swab PCR, ” tulisnya.

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, buatan itu menunjukkan KRL yang masih padat bisa menjadi transportasi karakter tanpa gejala (OTG) pembawa virus corona baru penyebab Covid-19. Ia bahkan bilang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) bisa gagal.


”Sudah dilaporkan ke gabungan tugas pusat & Kemenhub. Semoga ada respons terukur dari pihak operator KRL, ” tulisnya.


Seperti diketahui, Pemprov Mencuraikan akan mulai menerapkan PSBB skala provinsi pada Rabu (6/5/2020). Dia akan melengkapi PSBB yang telah diterapkan di Bodebek dan Bandung Raya.

Sebelum penerapan PSBB Bodebek periode I, Termuda Emil dan para kepala daerah sempat meminta kepada pemerintah sentral untuk menghentikan operasional KRL Jabodetabek. Namun, permintaan itu tidak disetujui Kementerian Perhubungan.

“Yang akan dilakukan adalah menetapkan jumlah penumpang untuk menjaga jeda (physical distancing), membatasi jam operasional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tubuh yang ketat dan menempatkan aparat yang akan mengawasi pelaksanaan physical distancing, ” ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (17/4/2020).

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

Author Image
Carl Wood