Rencana Lebaran Sri Mulyani: Rapat Sampai Takbiran

Jakarta, CNBC Indonesia – Tahun ini menjadi kedua kalinya masyarakat harus merayakan Lebaran di rumah saja. Sebab, larangan mudik kembali diberlakukan Pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan kasus positif Covid-19.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan ini adalah tahun yang berat karena harus menahan cinta dengan keluarga yang terbelah jarak. Namun, tidak langsung melunturkan makna dari Lebaran itu sendiri.

Sebab, pertemuan virtual masih bisa dilakukan meski bertentangan rasanya dengan pertemuan fisik. Ia pun menceritakan bahwa dirinya melakukan silaturahmi tatap muka virtual atau zoom dengan keluarga hingga tengah malam.


“Tidak mudik rasanya gimana? Ya pasti kangen bertemu saudara, tadi malam saya zoom sampai 11. 30 WIB dengan hampir berapa itu ya? Saya 10 bersaudara dengan cucu dekat generasi ke-3 nya sudah 54 lebih. Jadi rame dalam satu zoom nyanyi dan yang lain-lain, ” kata dia.

“Tapi tentu ya tersebut tidak bisa menggantikan perasaan untuk berkumpul bersama puak, ” imbuhnya.

Lebaran di rumah saja ternyata dimanfaatkan Sri Mulyani untuk mengasah kemampuan memasaknya. Bahkan dinhari terakhir pertarakan ia tetap menyempatkan diri memasak di tengah kesibukannya sebagai bendahara negara.

“Saya sampai keadaan terakhir puasa masih tersedia rapat tapi saya telah bilang sama suami jika saya kepingin masak lidah semur pedas dan sambal goreng ati, walaupun kita ada pesenan tapi beta pingin masak-masakan saya sendiri, ” tuturnya.

“Jadi waktu selesai kami rapat terakhir jam berapa itu ya jam satu setengah 2, saya mulai Masak jam 3, itu hari puasa terakhir. Akan tetapi karena nggak bisa dicicipin jadi agak nggak PD karena sudah lama nggak masak, jadi kita teruskan sesudah buka puasa, suangi takbiran, ” imbuhnya.

Tak lupa ia pun mengirimkan makanan kesukaannya setiap Lebaran tiba. Tidak jauh bertentangan dengan masyarakat pada umumnya yakni opor ayam.

“Saya suka opor apalagi kalau dikasih kacang kedelai bubuk yang diawurkan di atasnya dengan sambal goreng ati, karena itu rasanya enak sekali kurun manis, gurih dan pedas untuk sambal goreng ati nya, ” jelasnya.

Selanjutnya, pada hari pertama lebaran, di suangi harinya, ia dan keluarganya jalan-jalan untuk menikmati hawa malam Jakarta. Foto-fotonya kendati diunggah di lama instagram resminya.

“Kemarin itu jalan-jalan malam tersebut ya cuman sebentar akan tetapi mereka lihat udara merata dan nggak ada karakter. Moga-moga setelah saya menaruh di Instagram nggak seluruh orang pergi ke Sudirman, nanti jadi penuh sedang, saya jadi dimarahin sedang nanti kalau dianggap menyilakan orang untuk jalan-jalan, ” candanya.

[Gambas:Video CNBC]
(dob/dob)

Author Image
Carl Wood