Pungutan Cinere-Serpong Molor, BSD-Depok Belum Bisa Bablas

Pungutan Cinere-Serpong Molor, BSD-Depok Belum Bisa Bablas

Jakarta, CNBC Indonesia – Rencana dua ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yaitu Tol Jagorawi-Cinere (Jagorawi) seksi III dan ruas Tol Serpong-Cinere meleset dari target menteri PUPR  Basuki  Hadimuljono  maupun Presiden Jokowi. Ke-2 ruas ini menjadi penentu afiliasi kawasan Serpong, Tangsel dan Depok Jawa Barat.

Untuk ruas Tol Serpong-Cinere ditargetkan baru rampung pada akhir Oktober 2020. PT  Cinere Serpong  Jaya (CSJ) selaku pengembang proyek ini mencetak hingga awal Juli 2020 progress pengadaan tanah telah mencapai 91, 23% dan progres konstruksi telah mencapai 82, 69%, seperti dikutip dari  CNN Indonesia.

Sedangkan untuk buku Tol Cijago seksi III yang menghubungkan Kukusan-Cinere Depok sepanjang 5, 5 Km juga ditargetkan hendak selesai paling lambat akhir 2020.
Pada 2019, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sempat menargetkan buku tol Serpong-Cinere (10, 14 km) bisa selesai Maret 2020 tercatat Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14, 19 km) dan Kunciran-Serpong (11, 19 km).


Sedangkan total Ruas Tol  Cinere-Jagorawi (14, 64 km), Cimanggis-Cibitung (25, 39 km), dan Cibitung-Cilincing (34, 02 km) ditargetkan selesai pada simpulan 2020.

Presiden Jokowi sempat menargetkan ruas-ruas tol JORR II di bagian sisi barat termasuk ruas Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong Cinere bisa selesai pada pertengahan  2020.

“Cengkareng-Cinere memutar lama Mei 2020 sebelum lebaran, ” kata Jokowi usai peresmian Tol Serpong-Kunciran, Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (6/12/2019).

Jaringan JORR II mencakup Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14, 2 km), Kunciran-Serpong (11, 1 km), Serpong-Cinere (10, satu km), Cinere-Jagorawi (14, 7 km), Cimanggis-Cibitung (25, 2 km), serta Cibitung-Cilincing (34 km). Dari ruas-ruas di atas, yang sudah jalan adalah ruas Cijago (seksi I dan II) dan Tol  Kunciran-Serpong.

Mengutip data Lembaga Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Kaum (PUPR), Tol Cijago sepanjang 14, 7 Km dibangun oleh Lembaga Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Translingkar Kita Jaya yang dibagi menjadi tiga seksi.

Tol Cijago Seksi I sepanjang 3, 70 Km dimulai dibanding interchange Jagorawi hingga ke Timah Raya Bogor dan telah berfungsi sejak Januari 2012. Kemudian Menawan II sepanjang 5, 5 Km dimulai dari Jalan Raya Enau hingga Kukusan juga telah berfungsi, hanya menyisakan seksi III daripada Kukusan-Cinere, terkendala pembebasan lahan.

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)

Author Image
Carl Wood