PSBB Jabar Berlaku, Ridwan Kamil Sebar Bantuan Bertahap

PSBB Jabar Berlaku, Ridwan Kamil Sebar Bantuan Bertahap

Jakarta, CNBC Indonesia –   Tiba Rabu (6/5) wilayah Jawa Barat berlaku Pembatasan Sosial Berskala Mulia (PSBB). Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan menyebar bantuan dengan bertahap terhadap 9, 4 juta keluarga yang berhak mendapatkan tumpuan. Jauh lebih besar dari DKI  Jakarta yang mencapai 1, 2  juta keluarga.

Setidaknya ada 8 delapan saluran bantuan bagi warga Jawa Barat, dari daerah, kabupaten/kota, hingga pemerintah pusat.   Dari pihak pusat dari bermacam-macam Kementerian memiliki jadwal masing-masing di dalam membagikan bantuan ke warga.

“Sudah banyak, geografis tak mudah, butuh waktu untuk sampai dan masyarakat sabar, hanya waktunya yang beda, dan ada 9, 4 juta KK, ” sirih Ridwan Kamil kepada CNBC  Indonesia , Rabu (6/5).


Pria yang pokok disapa Kang Emil ini berpesan agar warganya tidak membuat gerombolan, pasalnya Covid-19 ini adalah aib kerumunan yang bisa dihindari secara meniadakan kerumunan. Modal yang dibutuhkan saat ini adalah ketaatan  serta mengikuti arahan.

“Warga sabar kita sedang perang melayani musuh, bela negara dengan kekayaan, tenaga, ilmu, disiplin jauhi kelompok, ” ungkapya.

Pemisahan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Wilayah Provinsi Jawa Barat (Jabar) diberlakukan mulai hari ini Rabu, (6/05/2020). Ia mengatakan keputusan tersebut diambil bukan asal-asalan, namun kesimpulan diambil secara ilmiah.

Menurutnya, pandemi corona (Covid-19) ialah penyakit kerumunan, artinya jika tidak ada kerumunan maka tidak tersedia penyebaran penyakit. Melalui PSBB dengan telah diberlakukan sebelumnya di Bodebek dan Bandung kecepatan penyebaran virus bisa ditekan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan paket sembako dan uang tunai Rp 150. 000. Ini adalah sandaran resmi dari Pemda Pemprov Menerangkan. Bantuan Provinsi hanya dikirim langsung ke pintu rumah penerima oleh PT Pos/Ojek.

A. Uang Tunai Rp 150. 000 dengan bungkus plastik

B. Dus berstiker senilai Rp 350. 000 yang isinya:

  • Beras 10 kg
  • Gula 1 kg
  • Terigu 1 kg
  • Minyak Goreng dua liter
  • Makanan Tong 2 kg (4 kaleng)
  • Vitamin C 2 botol
  • Mie Instan 16 bungkus
  • Telur 2 kg

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Author Image
Carl Wood