Perangi Pandemi Covid-19, Uni Eropa Mulai Vaksinasi Hari ini

Perangi Pandemi Covid-19, Uni Eropa Mulai Vaksinasi Hari ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Beberapa negara di Bon Eropa (UE) mulai melangsungkan  vaksinasi Covid-19 pada sebagian kelompok dengan membutuhkan pada hari Minggu (27/12/2020). Vaksinasi dilakukan pada saat penyaluran strain baru virus corona pasal Covid-19 mulai masif ke sebanyak negara.

Dilansir AFP, negara-negara anggota UE macam Italia, Spanyol, dan Prancis sudah memperoleh dosis suntikan pertama vaksin Pfizer-BioNTech, Sabtu (26/12/2020) kemarin. Negara-negara tersebut siap mendistribusikan ke panti lanjut usia dan rumah yang ditempati para pensiunan.

Dimulainya vaksinasi memberikan harapan menyambut 2021. Apalagi di tengah fakta pandemi telah menewaskan lebih dari 1, tujuh juta orang sejak muncul pada China akhir tahun lalu.

Selain di ketiga negara di atas, Vaksinasi juga dilakukan di Hungaria dan Slovakia. UE mengikuti negara-negara lain yang pula sudah melancarkan program vaksinasi bagaikan China, Rusia, Inggris, Kanada, Amerika Serikat, Swiss, Serbia, Singapura, & Arab Saudi.

Direktur Jenderal World Health Organization (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, semua pihak harus memetik pelajaran dari pandemi Covid-19.

“Sejarah mengajarkan kita kalau ini bukan pandemi yang terakhir, dan epidemik adalah sesuatu dengan nyata di kehidupan kita, ” katanya dalam sebuah pesan video, kemarin.

Sebelumnya, kaum negara di benua biru telah mengonfirmasi strain baru virus corona penyebab Covid-19 yang berasal daripada Inggris ini sudah menjangkiti klub. Misalnya di Spanyol yang mengadukan ada tiga orang pria menjelma korban. Mereka sebelumnya melakukan perjalanan dari Inggris. Kemudian seorang pria di Prancis pun dikabarkan tewas akibat strain baru virus corona itu.

Strain segar virus corona ini juga telah mulai masuk ke negara tetangga Indonesia seperti di Singapura serta Thailand. Sebagai langkah antisipatif. pemerintah pun telah melarang kedatangan WNA dari Inggris.



[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)

Author Image
Carl Wood