MENODAI Dihantam Covid-19, Sri Mulyani: Ini Ujian Naik Kelas!

MENODAI Dihantam Covid-19, Sri Mulyani: Ini Ujian Naik Kelas!

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bercerita soal kondisi ekonomi yang sulit di masa pandemi Covid-19 bukan  lah yang mula-mula ia hadapi. Beberapa krisis dengan pernah ia hadapi mulai sebab Krisis moneter tahun 1997-1998 serta juga krisis tahun 2008 berantakan 2009.

Ia yakin kondisi pahit seperti krisis mau selalu berbuah manis di kesimpulannya. Misalnya saja Krisis Moneter di dalam tahun 1998 di mana Indonesia mengalami kondisi ekonomi yang benar parah.

Kemudian berdampak pada krisis sosial dan kebijakan. Akhirnya merubah semua tatanan kenegaraan Indonesia menjadi era reformasi, pada mana mulai ada keterbukaan, transparansi, hingga kebebasan berpendapat.


“Semua (itu) buah yang manis dari krisis yang sangat pahit dan menghancurkan ekonomi kita, ” kata Sri di diskusi virtual Tokopedia, Senin (17/8/2020).

Krisis selanjutnya adalah saat ia menjadi 2008 semrawut 2009 saat menjabat sebagai Menteri Keuangan di Era  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia berkisah kala itu guncangan ekonomi daripada Amerika menular ke Eropa, jadinya negara-negara maju luluh lantak, tak terkecuali Indonesia yang akhirnya selalu terkena guncangan.

“Kita bisa bertahan lebih baik, itu masa-masa yang luar biasa menguatkan dalam kondisi kepanikan global, ” paparnya.

Sementara dengan dihadapi saat ini adalah kritis Covid-19 di mana yang dihadapi adalah virus yang tidak tampak dan mengancam keselamatan kesehatan masyarakat. Demi mencegah  penyebaran virus dikerjakan pembatasan yang dampaknya semua kegiatan mulai dari kegiatan formal, keagamaan, pendidikan, dan ekonomi terkendala.

“Pertumbuhan ekonomi kita Kuartal II kemarin karena kita melayani Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kita mengalami negative growth di atas 5%. Ini adalah sesuatu yang memang luar biasa dampaknya & kita sedang menghadapi situasi itu, ” jelasnya.

Tantangan yang dihadapi saat ini, imbuhnya, justru akan membuat kita semakin matang. Sebagai sebuah negara oleh sebab itu akan melihat lagi apakah sistem kesehatan kita sudah bagus, sandar sosial bagus, bagaimana upaya positif dalam membantu usaha kecil menengah dan koperasi, apakah stabilitas pola keuangan sudah bagus, dan sebagainya.

“Ini semua menilai luar biasa seluruh lini kehidupan kita. Ini adalah ujian kita untuk naik kelas, ” tuturnya.

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)

Author Image
Carl Wood