Jokowi Terjunkan Bala Bantuan Tekan Kurva Covid-19 di Jatim

Jokowi Terjunkan Bala Bantuan Tekan Kurva Covid-19 di Jatim

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan tak akan ragu menerjunkan pasukan pengaman tambahan di sejumlah wilayah yang masih memiliki kurva Covid-19 yang tinggi.

Hal itu ditegaskan Jokowi saat memimpin kerap terbatas dengan topik pembahasan pengoperasian protokol tatanan normal baru buatan dan aman Covid-19 di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Untuk Jawa Timur misalnya, kita tambah bantuan negara di sana agar bisa tekan kurvanya tidak naik lagi, ” kata Jokowi, Rabu (27/5/2020).


Sebagai informasi, Jawa Timur sendiri telah menjadi episenter perdana setelah provinsi tersebut mencatatkan total pasien positif yang meningkat akhir-akhir ini, terutama angka orang tanpa isyarat (OTG).

OTG yang terkonfirmasi di Jawa Timur menemui kenaikan yang cukup signifikan. Kondisi ini, tentu menjadi perhatian besar presiden mengingat saat ini pemerintah sedang menjalankan berbagai strategi dalam bertemu new normal.

Jokowi meminta jajarannya untuk mengecek utama persatu daerah yang dianggap sedang memiliki kurva yang tinggi. Siasat pemeriksaan, ditegaskan dia, perlu dilakukan secara masif.

“Masifkan ujian sampel pelacakan agresif terhadap PDP, ODP. Ini kita kerjakan pada provinsi yang kurvanya masih naik, ” katanya.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Author Image
Carl Wood