Jalan Segar, Hiburan Malam di DKI Ada Tanda-Tanda Mau Dibuka

Jalan Segar, Hiburan Malam di DKI Ada Tanda-Tanda Mau Dibuka

Jakarta, CNBC Indonesia awut-awutan Kepastian bisnis per malam di DKI  Jakarta akan dibuka lagi sampai saat itu memang belum jelas. Namun, tersedia sedikit angin segar bagi pengusaha, ada rencana simulasi persiapan sebelum buka usaha kembali oleh tim satgas covid-19 DKI  Jakarta.

Ketua Asosiasi Pengusaha Hiburan Jakarta (Asphija)  Hana Suryani mengungkapkan upaya pembukaan sektor hiburan dasar baru masih sebatas pembicaraan.

“Kabarnya minggu malam, tapi saya nggak tahu (jadi ataupun tidak), ” kata Hana kepada CNBC Indonesia, Kamis (3/9).


Ia mengakui belum bisa meyakinkan agenda simulasi kesiapan protokol kesehatan di bisnis hiburan akhir pasar ini. Hal ini karena rencana sebelumnya, yakni pada hari Rabu (2/9), DPRD DKI Jakarta & Gugus Tugas COVID-19 dijadwalkan akan mengecek secara langsung protokol kesehatan tubuh yang ada di tempat hiburan malam, tapi diundur.

“Nggak jadi Rabu. Diundur teristimewa, ” sebutnya.

Hana mengatakan momen pemeriksaan itu sangat ditunggu oleh pengusaha hiburan di DKI Jakarta, sebab setidaknya menjadi angin segar untuk pengelola hiburan malam jelang persiapan pembukaan  kembali, Namun, saat itu menurut Hana memang terlambat sesudah enam bulan berjalan dan banyak pengusaha hiburan yang sudah kolaps.

“Saya nggak sudah disimulasi protokol saya. Itu sebuah tuntutan. Sementara mereka ngatain doang, menuduh hiburan cenderung mengakibatkan tempat (kluster) baru. Itu tuduhan, ” sebut Hana.

Menurutnya, Pemerintah perlu memberikan jalan biar ekonomi hidup, sembari menyusun adat kesehatan di berbagai sektor usaha. Karena ketika banyak sektor asing sudah diberikan jalan untuk jalan, sektor lain pun harusnya telah mulai dipikirkan, termasuk bisnis per.

“Harusnya mereka dukung ruang untuk simulasi. Lima kamar nggak pernah ada kunjungan dengan jalan apa keberlangsungan usaha, ditanya kan prediksi kerugiannya berapa, ayo kita berjalan. Nggak ada rangkulan-rangkulan seperti ini, nggak ada, ” jelasnya.

Ia mengatakan kini beribu-ribu pegawai yang menggantungkan hidupnya dari bisnis hiburan malam kian tertekan, termasuk banyak pelaku usaha yang kesulitan untuk membayar tunggakan sewa dan gaji karyawan. Padahal selain bisnis hiburan, seperti bioskop sudah dapat komitmen akan dibuka sedang oleh Pemprov DKI  Jakarta, walaupun belum ada tanggal pastinya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya siap mengizinkan kembali operasional  bioskop  di DKI Jakarta. Kesiapan itu didapat usai Pemprov DKI Jakarta menemui Satuan Tugas Pengerjaan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (26/8/2020).

“Kesimpulan  pertemuan tadi adalah dalam periode dekat kegiatan bioskop akan dibuka,   protokol kesehatan akan ditegakkan lewat adanya regulasi detail & pengawasan ketat sehingga pelaku industri memberikan jasa tanpa risiko tinggi. Bagi masyarakat ketika berkegiatan itu akan aman, ” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)

Author Image
Carl Wood