Ini Dia 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia!

Ini Dia 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia!

Jakarta, CNBC Indonesia – Majalah asal Amerika Serikat (AS) Forbes kembali merilis daftar ‘The World’s 100 Most Powerful Women 2020’. Daftar itu memuat wanita-wanita perkasa dari seluruh dunia yang berkiprah sebagai kepala negara, politisi, pengusaha, dan selebritis.

Kanselir Jerman Angela Merkel masih menguasai posisi wanita terkuat di bumi. Pemimpin ekonomi terkuat di Eropa itu dianggap penting sebagai patron geopolitik Uni Eropa (UE).


Wanita berusia 66 tarikh ini dianggap berharta memimpin dengan ‘tangan baja’. Dia mampu berdiri di samping Pemimpin AS Donald Trump dan mengakui lebih dari satu juta pengungsi Suriah ke Jerman.

Sebuah inspeksi Oktober 2020 menemukan 75% karakter dewasa di 14 negara Eropa mempercayai Merkel lebih dari pemimpin lain di wilayah tersebut. Ini merupakan pencapaian besar bagi wanita ini.

Lalu posisi selanjutnya diisi sebab mantan bos IMF yang saat ini menjabat Kepala Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde. Ia menjadi wanita pertama yang memimpin Bank Sentral Eropa pada 1 November 2019.

Sebagai kepala kebijakan moneter Eropa, Lagarde menghadapi ujian kritis. Pada mana ia memastikan pandemi virus korona tidak mendatangkan malapetaka bertambah lanjut di zona Euro.

Sementara kejutan juga datang dari Wakil Presiden terpilih AS Kamala Harris, dalam mana dirinya menempati posisi ke-3. Kamala adalah wanita pertama dengan menjadi wakil presiden dalam cerita Amerika.

Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen dan Orang pendiri Microsoft Melinda Gates berada di posisi ke-4 dan ke-5.

Ursula adalah wanita pertama yang menjabat dalam peran tersebut, yang bertanggung jawab atas undang-undang yang mempengaruhi lebih dari 700 juta karakter Eropa sementara Melinda mempertahankan posisinya sebagai wanita paling kuat pada bidang filantropi dengan Bill and Melinda Gates Foundation.

Beberapa pengusaha serupa mewarnai jajaran top list wanita paling berpengaruh itu diantaranya Pejabat raksasa otomotif AS General Mesin (GM) Marry Barra yang mengambil posisi ke-6. Disusul CEO perusahaan teknologi Alphabet, Susan Wojcicki, Superior Vice President dan CFO Om google Ruth Porat, dan Bos Bank asal Spanyol Santander, Ana Patricia Botin.

Selain pengusaha dan pemimpin dunia, selebritis juga tak mau tergelincir dalam mengisi daftar tersebut. Tercatat selebritis wanita terkuat masih disandang presenter beken Oprah Winfrey yang menempati peringkat 20 wanita terkuat dunia, lalu ada Beyonce dengan mengisi peringkat ke-72 dan penyanyi Taylor Swift yang menduduki status ke-82

Dari Asia Pasifik ada kaum nama penting yang masuk pada daftar itu. Ada Ho Ching, bos mega holding BUMN Singapura Temasek, Presiden Taiwan Tsai-Ing Wen, Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wajed, dan juga Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Adern.

Bagaimana dengan srikandi MENODAI?

Halaman ke 2> >

Author Image
Carl Wood