Informasi Baik! Vaksin Corona China Jadi September Ini

Informasi Baik! Vaksin Corona China Jadi September Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – China mengklaim vaksin virus corona Covid-19  untuk kondisi darurat akan tersedia bulan September 2020. Adapun vaksin yang tersedia untuk umum bakal hadir awal tahun 2021.

Ini merupakan pernyataan Gao Fu Kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, seperti dilansir lantaran South China Morning Post (SCMP), Senin (27/4/2020).

Taat Gao Fu, vaksin corona dengan saat ini berada di fase 2 atau fase 3 tes klinis dapat tersedia ketika terjadi gelombang kedua wabah. Tiga vaksin China telah menyelesaikan uji jika tahap pertama.



“Kami berada di garis depan untuk perluasan vaksin, dan kami mungkin memiliki vaksin yang siap untuk penerapan darurat pada bulan September, ” kata Gao. “Vaksin yang anyar dikembangkan ini, yang masih dalam uji klinis fase dua ataupun fase tiga, dapat digunakan buat beberapa kelompok khusus orang, misalnya petugas kesehatan, ” ujarnya.

“Kami mungkin memiliki vaksin untuk populasi sehat awal tahun depan”, tetapi ia menekankan bahwa kelayakannya akan bergantung pada “kemajuan uji coba”.

Bersandarkan data World Healt Organization (WHO) ada tiga vaksin yang dikembangkan China. Yakni, Vaksin milik CanSino Biological In dan Beijing Institute yang sudah melakukan uji periode kedua.

Lalu Vaksin buatan Beijing Institute of Biological Products dan Wuhan Institute of Biological Product yang melakukan uji fase pertama. Vaksin buatan Sinavac juga sedang ujicoba fase mula-mula.

Menurut data Worldometers pada Senin (27/4/2020) pukul 6: 00 WIB, setidaknya sudah tersedia 2. 991. 128 kasus terjangkit, 206. 873 kasus kematian, serta 877. 126 kasus berhasil sehat.

Virus dengan nama resmi SARS-CoV-2 ini muncul dalam Kota Wuhan, Provinsi Hubei,   China  pada Desember 2019,. Ia sudah menjalar ke 210 negara dan wilayah lain di segenap dunia.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

Author Image
Carl Wood