Donald Trump Jadi Superman, Bawa Pemberian Besar Buat AS

Donald Trump Jadi Superman, Bawa Pemberian Besar Buat AS

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menegaskan kekuasaan eksekutifnya secara menandatangani empat memorandum bantuan virus corona pada Sabtu (8/8/2020). Lengah satunya meningkatkan tunjangan pengangguran sejumlah US$ 400 (Rp 5, 8 juta) setelah Demokrat dan Gedung Putih tidak dapat mencapai kemufakatan tentang RUU stimulus.

Tiga tindakan yang lain yang Trump tandatangani, termasuk memorandum tentang liburan pajak gaji buat orang Amerika yang berpenghasilan invalid dari US$ 100. 000 setahun. Lalu perintah eksekutif tentang tumpuan untuk penyewa dan pemilik sendi, dan memorandum tentang penangguhan pembalasan pinjaman mahasiswa.

“Saya mengambil tindakan untuk memberikan bunga atau ekstra US$ 400 seminggu dan tunjangan yang diperluas, US$ 400. Itu murah hati, tetapi kami ingin menjaga orang-orang saya, ” kata Trump tentang memorandumnya tentang tunjangan pengangguran di persatuan golfnya di Bedminster, New Jersey, sebagaimana dilansir dari CNN Internasional .

Namun hal ini tidak semudah ucapan Trump. Sebab negara bagian harus setuju untuk mengadakan penggolongan keuangan dengan pemerintah federal, buat setiap pengangguran yang tinggal di sana guna mendapatkan tunjangan tambahan.


Pemerintah federal memandang negara bagian untuk membayar 25% (atau US$ 100) dari makna tambahan US$ 400 setiap minggu. Hingga US$ 44 miliar daripada Dana Bantuan Bencana akan disediakan untuk bantuan pengangguran guna menaikkan pembayaran negara, menurut memorandum dengan dikeluarkan oleh Gedung Putih tidak lama setelah konferensi pers Trump.

Meski demikian, hal seorang pejabat sebab negara bagian timur laut, lantaran partai Demokrat, menyangsikan kado Trump ini.

“Kami tidak punya uang itu, ” kata pendahuluan pejabat itu.

Faktanya, negara bagian telah meminta Kongres untuk memberi mereka tambahan US$ 500 miliar untuk membantu menahan anggaran mereka. Sebab tidak tersedia pendapatan pajak di tengah pandemi.

Jutaan orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran telah menguras dana perwalian tunjangan pengangguran di beberapa negara bagian. Sebesar 10 negara bagian meminjam dekat US$ 20 miliar dari Bagian Keuangan untuk menutupi bagian pembalasan mereka, yang biasanya berlangsung selama 26 minggu.

Tengah, pemotongan pajak gaji adalah satu diantara langkah pajak favorit Trump dengan ditentang kedua belah pihak, termasuk dalam RUU stimulus terbaru. Satu diantara memorandumnya menyerukan untuk menangguhkan porsi pajak gaji karyawan sebesar enam, 2% untuk Jaminan Sosial dan 1, 45% untuk jaminan kesehatan kepada pekerja yang berpenghasilan invalid dari US$ 100. 000 setahun hingga sisa tahun 2020.

Jika dia terpilih balik, kata Trump, dia berencana untuk memaafkan pajak dan membuat pengeratan permanen pada pajak gaji. “Saya akan menjadikan semuanya permanen, ” katanya.

Namun kalau Trump tak terpilih kembali, diperkirakan para pekerja harus membayar pajak tersebut hingga akhir tahun 2020.

Tindakan kontroversial Trump ini dianggap tidak membantu pengangguran dan kemungkinan akan melemahkan keuangan Jaminan Sosial dan Kesehatan AS.

Trump juga mengucapkan bahwa pemerintahannya sedang mempertimbangkan pajak penghasilan tambahan dan pemotongan retribusi capital gain untuk pembayar retribusi Amerika.

AS kini menduduki peringkat pertama atas kejadian terjangkit virus corona terbanyak, yakni 5. 199. 444 kasus, dengan 165. 617 kasus kematian, serta 2. 664. 701 pasien jadi sembuh per Senin (10/8/2020), menurut data Worldometers.

[Gambas:Video CNBC]
(sef/sef)

Author Image
Carl Wood