China Gokil! Buat Matahari Buatan, 10 Kali Lebih Panas

China Gokil! Buat Matahari Buatan, 10 Kali Lebih Panas

Jakarta, CNBC Indonesia – China membuktikan semakin eksis di bidang teknologi. Negeri Presiden Xi Jinping ini, baru selalu mengumumkan membuat HL-2M Tokamak, sebuah reaktor fusi nuklir yang benar panas dan disebut ‘matahari buatan’.

Pasalnya ia berpunya menghasilkan panas 10 kali dibanding matahari asli. Mengutip People’s Daily , HL-2M Tokamak dirancang meniru reaksi alami yang terjadi di bawah sinar matahari dengan menggunakan gas hidrogen dan deuterium sebagai bahan bakar.


Menurut China National Nuclear Corporation (CNNC)HL-2M   Tokamak menjadi cara terbaru China untuk mencapai tumpuan energi bersih. Reaktor nuklir ini sendiri kini berada di Chengdu, Provinsi Sinchuan.

“‘Matahari buatan’ akan memberikan dukungan teknis utama untuk partisipasi China di proyek Reaktor Eksperimental Termonuklir Internasional dan bidang penelitian, ” sebutan ilmuan China Yang Qingwei, besar pengembangan HL-2M Tokamak dikutip Minggu (6/12/2020).

Pengembangan tersebut disebut China bukan hanya cara untuk menyelesaikan kebutuhan energi penting negeri itu tapi juga berdampak signifikansi besar untuk pengembangan energi dan ekonomi nasional China yang berkelanjutan di masa depan.

[Gambas:Video CNBC]
(sef/sef)

Author Image
Carl Wood