Bumi Resources Sabet Penghargaan Top Platinum Untuk CSR

Jakarta, CNBC Indonesia  – PT Bumi Resources Tbk (BUMI) meraih penghargaan ‘ Platinum Champion ‘ dalam ajang Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2021.   BISRA memberikan penghargaan kepada 32 perusahaan yang  dibagi pada tiga kelompok, yaitu kongsi swasta, Badan Usaha Hak Negara (BUMN), dan perusahaan publik.

Komentar ini digagas oleh Awak Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Bisnis Indonesia. Setiap kelompok penilaian dibagi menjadi tiga kategori yaitu Platinum, Gold dan Silver.

Tahun ini ada 104 perusahaan yang mencatat dalam ajang apresiasi CRS ini, dan telah melalaikan rangkaian penilaian berupa menuntut dokumen dan wawancara dengan perwakilan perusahaan. Meski begitu, pada kelompok perusahaan publik hanya empat perusahaan dengan berhasil meraih capaian ‘ Platinum Champion ‘, termasuk Bumi Resources.


“Kami di BUMI berkeyakinan kalau CSR harus menyatu secara aktivitas utama atau core competence dari bisnis perusahaan, ” kata Deputy President Director BUMI Adika Nuraga Bakrie, dalam siaran resminya, Jumat (23/04/2021).

Dia memasukkan CSR bukan hanya program, namun menjadi cara bisnis dari perusahaan dengan ikut berkontribusi terhadap pengejawantahan Sustainable Development Goals (SDGs), sebagai global common framework dalam hal tanggung berat sosial Perusahaan.

BISRA  sendiri memiliki arah untuk memberikan apresiasi pada perusahaan yang berkomitmen menyerahkan kontribusi nyata kepada bangsa rentan, terutama dalam masa pandemi Covid-19. Apresiasi tersebut juga merupakan dukungan terhadap kontribusi perusahaan-perusahaan yang memiliki komitmen dan kepedulian kepada percepatan SDGs, serta menawarkan dan menghadirkan praktik-praktik CSR terbaik atau konsep Good CSR sama dengan bisnis yang baik di Nusantara.

Selain tersebut, prinsip penilaian dalam penghargaan ini mencakup aspek kebijaksanaan dan prosedur, adopsi standar internasional, efektifitas program CSR, dampak bagi masyarakat, partisipasi masyarakat dan stakeholders kunci, keberlanjutan program, dan hasil reputasi bagi perusahaan.

[Gambas:Video CNBC]
(rah/rah)

Author Image
Carl Wood