Bandara Purbalingga Operasi Bulan Pendahuluan, Begini Skenarionya

Jakarta, CNBC Nusantara – Depan Juni nanti penerbangan mula-mula Bandara Jenderal Besar Soedirman, Kabupaten Purbalingga  Jawa Sedang dijadwalkan sudah dapat dilakukan. Meski masih menggunakan ‘tenda’ sebagai terminal penumpang tengah.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi telah melihat pemasangan tenda roder sementara itu. Saat ini sudah terpasang dengan tumpuan dan prasarana, perangkat elektronik, juga penataan lingkungan kira-kira tenda.

“Terminal ini sudah terealisasi, akan tetapi masih membutuhkan pavingisasi daripada Angkasa Pura II, moga akhir bulan Ini bisa siap 100% dalam rencana pembukaan penerbangan pertama dengan direncanakan pada 1 Juni 2021, ” jelasnya di dalam keterangan resmi, (21/5/2021).


Seperti dengan diketahui tenda roder ini disediakan Pemkab Purbalingga mencuaikan proses lelang dengan nilai Rp 628, 3 juta. Tenda ini memiliki penyeragaman tinggi yang tahan dengan terjangan angin kencang had 100 km/jam, dan dapat digunakan dalam jangka masa lama. Tenda ini juga berdiri di atas lantai beton yang tebal.

Komandan Lanud JB Soedirman Purbalingga, Letkol Nav Marino Adam Darmawan, menyatakan turut mendukung persiapan operasional bandara ini.

“Terkait kesiapan yang perlu kami lakukan tinggal pemindahan obstacle pesawat, kita doakan bersama semoga pembukaan belakang bisa berjalan lancar, ” jelasnya.

Executive General Manager Bandara JB Soedirman, Catur Sudarmono mengatakan persiapan fasilitas  untuk Airlines dan Airnav telah dipersiapkan. Tinggal persiapan dari bagian infrastruktur pagar dan pemasangan paving jalan.

“Kemarin sempat terkendala pemasangan paving karena produksi paving tidak bisa dalam zaman terlalu cepat, karena itu standar khusus, ” jelasnya.

Terkait pelaksanaan sudah dipastikan melalui hasil tim rapat pengoperasian bandara di kantor pusat sebelumnya. Artinya persiapan administrasi salinan,   Sertifikat bandar suasana (SBU) sudah terbit.

“Tinggal penyelesaian teknis dan fisik di lapangan saja, administrasi antara airlines dan airnav juga sempurna dalam waktu dekat dengan teman TNI, ” terang Catur

Ia mengonfirmasi Airlines yang mau melakukan penerbangan perdana di bandara ini adalah Citilink. Dengan rute Jakarta kacau Purbalingga, melalui Bandara Halim Perdanakusuma – JB Soedirman.

“Yang lain belum ada informasi secara pasti yang bisa saya sampaikan, ” jelasnya.

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)

Author Image
Carl Wood