Arsjad Rasjid: Kadin, Rumah Bergabung untuk Tumbuh Inklusif

Jakarta, CNBC Indonesia – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memperingati HUT ke-53 tahun ini secara tema “Kadin Indonesia, Vila Kita yang Inklusif Kolaboratif Siap Pulihkan Ekonomi Masyarakat”.

Saat Syukuran HUT Kadin ke-53, Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid mengatakan, di usia yang lebih dari setengah era ini, banyak hal yang bisa dijadikan renungan sebab Kadin. Termasuk diantaranya adalah perjalanan panjang Kadin sampai di titik sekarang.

“Sejarah Kadin, pendirian pada 29-30 November 1967, dilaksanakan musyawarah membentuk Kamar Dagang dan Industri Jakarta. Yang dihadiri olej Pengusaha dari unsur swasta, koperasi dan usaha negara, ” katanya dalam acara yang digelar secara virtual, Jumat (24/9/2021).


Selanjutnya pada 24 September 1968, dibentuk Kadin Indoensia oleh Kadin Provinsi yang ada di seluruh Nusantara dan diakui oleh Negeri. Perjalanan panjang ini, menghasilkan organisasi Kadin memiliki pandangan dan misi yang mantap, solid dan koheren. Sertam memahami aspirasi dan hajat anggotanya di manapun mereka berada.

“Kadin sebagai pola, sebagai sarana komunikasi dan konsultasi dan efektif memperjuangkan aspirasi dan kepentingan anggotanya. Dan berhasil membuktikan sebagai mitra sejajar pemerintah memberdayakan ekonomi daerah dan nasional, ” tuturnya.

Dia menambahkan, Kadin merupakan rumah bersama untuk bertumbuh inklusif. Ini sesuai secara tema pada HUT ke-53 tahun ini, di mana pengusaha besar, menengah & kecil semuanya memiliki peran.

“Sebagai terampil punggung dan membangkitkan ekonomi nasional, ” tegasnya.

Pandemi yang belum berakhir ini menurutnya menjelma sebuah tantangan. Di mana penanganan kesehatan menuju perbaikan diperlukan dukungan bersama buat bangkitkan ekonomi. “Ini seluruh bisa terjadi jika menang melawan pandemi, ” singkatnya.

Hadir di syukuran tersebut, mantan Ketua Umum Kadin sebelumnya yaitu Rosan P Roeslani. Pada sambutan singkatnya, Rosan yang kini menjadi Duta Luhur Indonesia di Amerika Serikat mengucapkan selamat dan berharap Kadin lebih baik ke depannya.

“Kita adalah keluarga besar, hendak menjadi yang terbaik. Beta ucapkan selamat dan meyakini ke depannya Kadin semakin lebih baik, ” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]
(yun/yun)

Author Image
Carl Wood