Andong Bandara Yogyakarta Beroperasi, Cek Harga Tiketnya!

Jakarta, CNBC Indonesia – Gerobak Bandara Yogyakarta mulai berfungsi komersial besok, Jumat, 17 September 2021. Tarif kartu resminya pun sudah ditetapkan pemerintah.

Uji coba gratis bagi masyarakat umum sudah dilakukan semenjak 1 September lalu, & mulai besok KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) sudah dikenakan tarif kartu Rp 20 ribu untuk rute Yogyakarta – Bandara YIA, sementara Rp 10 ribu untuk rute Yogyakarta – Wates, dan Rp 20 ribu untuk rute Wates – Bandara YIA.

Jadwal perjalanan dilakukan sebanyak delapan kala perjalanan per hari, secara rincian empat perjalanan sejak stasiun Yogyakarta dan empat perjalanan dari Bandara YIA.


Masa ini masyarakat dapat mengabulkan pembelian langsung di stasiun Yogyakarta, Wates dan Tumpuan KA Bandara YIA, ataupun melalui aplikasi KAI Access.

“Dengan beroperasinya KA Bandara YIA itu, masyarakat dapat menempuh waktu lebih cepat ke Bandara YIA yaitu sekitar 40 menit dari Yogyakarta, daripada waktu rata-rata 1, 5 jam bila menggunakan instrumen mobil atau moda transportasi lainnya, ” kata Eksekutif Jenderal Perkeretaapian Kementerian Relasi Zulfikri, dalam keterangan sah, Kamis (16/9/2021).

Zulfikri menjelaskan, operasional tersebut diberlakukan setelah melalui serangkaian uji coba, baik stagnan maupun dinamis, yang dikerjakan oleh Ditjen Perkeretaapian, beserta uji coba langsung kepada masyarakat sejak 1-16 September 2021 dengan biaya Rp 0.

Tes coba langsung oleh umum ini merupakan inisiasi Direktorat Jenderal Perkeretaapian untuk memancing antusiasme dan masukan bangsa dalam upaya peningkatan servis KA Bandara YIA nantinya.

Sampai 13 September, jumlah pengguna MORAL Bandara ini tercatat menyentuh 3. 646 orang, meski dalam kondisi pandemi. Zulfikri berharap, masyarakat Yogyakarta bisa terus memanfaatkan KA sebagai transportasi menuju bandara.

Dari catatan Dirjen Perkeretaapian, dengan penurunan kelas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Kelompok (PPKM) di Yogyakarta menjelma level 3, terjadi pengembangan jumlah penerbangan di bandara YIA sebanyak 25 kali penerbangan per hari secara jumlah penumpang 3. 500 orang per hari.

Adanya KA Bandara Yogyakarta dapat membantu pergeseran masyarakat.

Departemen Perhubungan juga memberikan sumbangan melalui Public Service Obligation (PSO) bagi para penumpang untuk membantu meringankan beban tiket kereta api.

“Selain untuk memajukan perekonomian, manfaat yang tidak kalah penting dari kehadiran KA Bandara YIA tersebut adalah mengurangi tingkat kemacetan yang bisa menimbulkan bea tinggi dan pengurangan polusi udara, ” katanya.

[Gambas:Video CNBC]
(wia)

Author Image
Carl Wood